Selasa, 27 Maret 2012

Kenakalan Remaja Merajalela!


Cimahi, Pergaulan remaja sekarang semakin memprihatinkan dengan maraknya kenakalan remaja yang justru menjurus pada aksi kriminal. Lebih parah lagi, siswa sekolah ikut masuk dalam jaringan kriminal.
Guru bimbingan konseling (BK) SMKN 3 Cimahi, Tri Windarwati menceritakan pengalamannya di sela-sela workshop Juvenille Delinquent yang diselenggarakan Fakultas Psikologi Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani). Ia menceritakan temuannya terhadap ada sejumlah siswa yang terjerumus kenakalan remaja masuk dalam jaringan kriminal.

“Kenakalan remaja sekarang ini sudah bukan kenakalan biasa. Misalnya geng motor. Menyebut nama tersebut, kita sudah bisa tahu apa saja bentuk kenakalan yang mereka lakukan. Bahkan hal-hal yang mereka perbuat sudah masuk perbuatan kriminal, bukan cuma kenakalan remaja,” ujar Tri, Kamis (22/3).

Kenakalan remaja bukan hanya sekedar dilakukan oleh mereka, namun ternyata didukung oleh sebuah jaringan kriminal yang lebih berbahaya.

“Berawal dari razia handphone (HP), kita temukan isi SMS terkait sebuah jaringan penjualan anak remaja. Itu memang sangat mengejutkan. Namun setelah kita duduk bareng dengan guru lainnya dan pihak kepolisian, akhirnya kasus tersebut bisa kita ungkap dan kita selesaikan,” terang dia.

Bukan hanya itu, bahkan ada sekelompok anak siswa yang memiliki penyimpangan seksual direkrut oleh sopir angkot yang memanfaatkan diri mereka.

Kenakalan remaja seperti ini sudah bukan lagi pihak sekolah yang harus bertindak, namun juga pihak kepolisian dan juga keluarga. Guru BK akan sangat kewalahan menangani masalah ini bila pihak keluarga sendiri acuh pada kondisi remaja.

Melalui workshop tentang Juvenille Delinquent, diharapkan dapat menambah wawasan bagi setiap guru BK di Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung dalam menangani kasus kenakalan atau kenakalan remaja menjurus kriminalitas.

“Dalam workshop ini dikenalkan bagaimana cara menangani mereka. Diharapkan dengan adanya workshop ini bisa membantu para guru BK dalam menangani berbagai masalah, khususnya yang berkaitan dengan kenakalan remaja di sekolah mereka masing-masing,” ungkap Dra. Indrya A.R. Dharsono, M.A., Dekan Fakultas Psikologi Unjani...


Tidak ada komentar :

Posting Komentar